PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PADA MATERI PRINSIP DAN PRAKTIK EKONOMI ISLAM
KELAS XI PERHOTELAN 2 SMK NEGERI 4 SURAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Frengky Firmansyah
Mahasiswa PPG
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Perhotelan 2 SMK Negeri 4 Surakarta Pendidikan
Agama islam pada materi prinsip dan praktik ekonomi Islam kelas XI Perhotelan 2 SMK
Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2019/2020 dengan menerapkan pembelajaran problem
based learning. Sebelum menerapkan pembelajaran problem based learning hasil belajar ssiwa
tergolong rendah, hal ini disebabkan guru masih menggunakan metode ceramah, sehingga
siswa merasa jenuh.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran
problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan
data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan presentase ketuntasan tes tertulis pada
setiap siklus. Hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada materi prinsip dan praktik ekonomi
Islam pada pra tindakan adalah dari 24 jumlah siswa, didapat siswa tidak mencapai KKM
sebanyak 19 (79%) siswa dan hanya 5 (21%) siswa yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata
60. Pada siklus kedua dari 24 siswa kelas XI Perhotelan 2 hanya 10 (42%) siswa yang mencapai
nilai KKM dan 14 (58%) siswa belum mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata 70. Pada
siklus kedua mengalami peningkatan, yakni dari 24 siswa kelas XI Perhotelan 2, 16 (67%)
siswa yang mencapai nilai KKM dan 8 (33%) siswa belum mencapai nilai KKM. Pada siklus
ketiga hasil belajar siswa kelas XI Perhotelan 2 mengalami peningkatan dan mencapai nilai
KKM 88 %. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI
Perhotelan 2 pada siklus III sudah sesuai dengan harapan, maka penelitian dihentikan pada
siklus III.
Kata Kunci: Problem based learning, hasil belajar, prinsip dan praktik ekonomi Islam